Internet Marketing Bagi UMKM



Salah satu permasalahan Usaha Kecil adalah pemasaran.
Dengan produksi yang kecil, mereka akan menghasilkan rata-rata biaya yang besar bila dibandingkan dengan ketika berproduksi lebih banyak, sehingga bisa dikatakan usaha kecil masih kalah efisien dibandingkan usaha yang lebih besar. Untuk meningkatkan produksi sangatlah gampang tetapi bagaimana kalau produk itu tidak laku. Pertanyaan ini juga sering berlaku ketika kita menyuruh orang-orang berwirausaha, dan mereka kembali bertanya “siapa yang akan membeli produk kita”.
Seiring perkembangan teknologi, bermunculan kemudahan dalam hal pemasaran salah satunya melalui internet, yang populer dengan istilah internet marketing. Bagi usaha kecil internet marketing akan memudahkan mereka dalam memperkenalakan produknya ke seluruh dunia dan akan mempertemukan dengan konsumennya.
Sekarang sudah terdapat beberapa website yang memudahkan bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Website ini memberlakukan biaya gratis dan berbayar dengan fasilitas lebih yang akan diterima bagi pengiklan. Website itu antara lain:
http://indonetwork.co.id
http://www.tokobagus.com
http://www.berniaga.com
http://www.alibaba.com
Salah satu pelaku usaha online sukses adalah : Rachmad Igen
BEBERAPA MANFAAT INTERNET MARKETING :
Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari Internet Marketing, namun saya hanya mengulas beberapa bagian penting saja, diantaranya :
1. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
Ada dua pihak yang jelas-jelas diuntungkan disini, yaitu pihak konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya.
2. Menghemat biaya
Dengan Internet Marketing, banyak biaya promosi yang bisa ditekan dalam perbandingan yang sangat signifikan.
Sebagaimana yang sudah kita maklumi bersama, bahwa biaya promosi suatu produk melalui marketing konvensional biasanya memakan biaya yang tidak sedikit, seperti mencetak brosur dan pamflet, memasang iklan reklame, memasang iklan di media cetak atau media elektronik seperti televisi dan radio, dan sebagainya. Biasanya ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki modal besar. Sementara pengusaha kecil menengah dan usaha rumahan umumnya tidak bisa memanfaatkan media ini untuk memperkenalkan produknya. Paling-paling mereka hanya membuat brosur, pamflet dan sejenisnya yang sederhana dengan jangkauan wilayah yang sangat terbatas.
3. Menghemat tenaga dan waktu
Internet marketing juga memungkinkan kegiatan pemasaran menjadi lebih hemat dari sisi tenaga dan waktu. Dengan fasilitas display online (berupa website atau blog) kegiatan pemasaran bisa dilakukan secara paralel dan terus menerus.
Website atau blog bisa bekerja selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam sepekan, tanpa ada istilah lelah dan libur. Mereka bisa bekerja dengan performa yang baik dan “stamina” yang stabil disaat kita sedang istirahat, makan, berlibur dan sebagainya. Bahkan disaat kita sedang tidur, ia tetap bekerja.
4. Memungkinkan jangkauan yang sangat luas
Dengan fasilitas sederhana, juga biaya dan tenaga yang sangat minim, Internet Marketing mampu menjangkau pemasaran yang jauh lebih luas. Tidak hanya dalam skala lokal nasional, namun juga dalam skala global internasional. Tentu sangat berbeda dengan ketika kita membuka toko konvensional yang jangkauannya hanya sebatas area tertentu.
Melalui Internet Marketing, tidak sedikit produk-produk rumahan yang sederhana mampu menjangkau pasar luar negeri. Walau pun website atau blog kita berbahasa Indonesia misalnya, dengan fasilitas translator yang ada internet maka sangat memungkinkan untuk bisa dibaca dan difahami oleh siapa pun di penjuru dunia ini.
5. Bisa dilakukan secara fleksibel dalam hal waktu maupun tempat
Untuk menjalankan Internet Marketing tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat tertentu. Ia bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama masih ada akses internet. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi gadget saat ini, dimana kita bisa mengakses internet tidak hanya dengan komputer atau laptop, melainkan bisa juga dengan alat-alat portable seperti tablet, smartphone dan sejenisnya, tentu lebih dimudahkan lagi.
Dalam Internet Marketing, ada beberapa hal rutin yang harus kita lakukan. Contohnya adalah :
  • Mengecek pesanan melalui email atau database website
  • Mengecek uang yang masuk ke rekening bank (bisa melalui internet seperti klikbca, atau melalui HP dengan fasilitas m-banking). Jika pemasaran kita berskala internasional, biasanya melakukan pengecekan rekening PayPal.
  • Melakukan pengiriman barang dengan menggunakan jasa delivery.
  • Melakukan kegiatan customer service, seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para customer dan sebagainya. Biasanya melalui telepon, SMS atau email.
Semoga artikel dapat memotivasi pelaku usaha kecil untuk meningkatkan usahanya!
referensi :
http://caraberjualanonline.com/tag/manfaat-internet-marketing/

0 Response to "Internet Marketing Bagi UMKM"

Posting Komentar

wdcfawqafwef